Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta atau sekitarnya, mungkin Anda sedang mencari rekomendasi destinasi liburan yang dekat dan harga terjangkau. Bandung yang dekat dengan Jabodetabek dan menawarkan wisata murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta, Semarang, Solo, atau Surabaya, sebaliknya, bisa memanfaatkan liburan ala backpacker di Bandung juga. Benarkah liburan yang menarik dan menyenangkan tidak harus mahal?

Kali ini Keluyuran ingin memberikan saran backpacking kepada pengunjung Bandung dengan harga yang terjangkau. Biaya hidup di Bandung lebih murah daripada biaya hidup di Jakarta atau Bali. Alhasil, Anda tidak perlu merogoh kocek lagi untuk menikmati liburan di kota mekar yang indah. Jadi, saran apa yang akan diberikan Wandering kali ini? Yuk, simak selengkapnya daftar sarannya!

Transportasi darat

Keluyuran sampai pada kesimpulan ini setelah melakukan sejumlah studi untuk menentukan biaya transportasi ke Bandung. Kereta api merupakan moda transportasi umum yang ekonomis, menurut Keluyuran.

Keluyuran ingin mendorong Anda untuk menggunakan angkutan umum saat pergi ke Bandung dalam angsuran Panduan Backpacker ke Bandung ini. Selain itu, Anda tidak akan lelah karena harus mengendarai mobil sendiri, yang akan lebih menghemat waktu Anda.

Harga tiket kereta api kelas ekonomi Jakarta-Bandung berkisar antara Rp. 110.000 dan Rp. 150.000, sedangkan harga tiket kereta api kelas ekonomi antara Surabaya dan Bandung berkisar antara Rp. 185.000 dan Rp. 230.000. Namun, jika Anda tinggal di atau dekat Jabodetabek atau Bandung dan lebih suka mengendarai mobil sendiri, ini juga bisa menjadi moda transportasi hemat biaya untuk perjalanan ala backpacker di Indonesia.

Buatlah daftar destinasi wisata 

Bandung adalah rumah bagi sejumlah tempat wisata yang layak dikunjungi, antara lain Lembang, Kota Bandung, Bukit Bintang, dan lain-lain. Saat berlibur di Bandung, rencanakan perjalanan Anda dengan membuat itinerary. Dengan membuat itinerary, Anda bisa memperkirakan biaya transportasi ke dan dari lokasi wisata tersebut, serta memesan akomodasi di dekat tempat wisata pilihan Anda.

Baca juga : Tempat Wisata Di Cileungsi Jonggol

Pilih Tempat Wisata Murah 

Murah Selain itu, Keluyuran sempat memberikan saran tempat wisata di Bandung, selain memberikan saran backpacking kepada pengunjung kota. Sekedar saran untuk backpacker yang ingin bepergian dengan anggaran terbatas ke Bandung: pilihlah situs alam atau yang tidak mengenakan harga tiket masuk yang terlalu tinggi jika ingin menghemat uang.

Misalnya Museum Geologi Bandung, Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Maribaya, Dago Pakar, Tebing Keraton, dan masih banyak lagi atraksi yang tersedia untuk pengunjung. Bukit Bintang adalah tujuan wisata populer di Bandung, di mana Anda dapat melihat lampu-lampu kota berkelap-kelip seperti kunang-kunang di malam hari, menjadikannya salah satu tempat paling menarik untuk dikunjungi di kota ini.

Wisata Kuliner di Jalanan

 

Perlu Anda ketahui bahwa mencicipi kelezatan kuliner kota kembang juga merupakan bagian dari perjalanan Anda di Bandung. Backpacker harus menahan godaan untuk mengunjungi kafe atau lounge trendi yang sekarang populer di kota. Alasan untuk ini adalah bahwa Anda perlu untuk mengurangi biaya Anda.

Kabar baiknya adalah Anda dapat memulai wisata kuliner untuk mencicipi beberapa makanan khas lokal yang disediakan oleh pedagang kaki lima, seperti cireng, cilok, somay, dan batagor (ayam goreng pedas).

Ada beberapa pedagang kaki lima yang menyajikan berbagai makanan di sekitar Gedung Sate yang dianggap sebagai landmark kota Bandung. Anda dapat berhenti di sini untuk mencicipi beberapa makanan murah yang disediakan oleh pedagang kaki lima.

 

Gunakan transportasi umum.

Jika Anda berada di Bali atau Lombok, kami sarankan Anda menyewa mobil; Namun, situasinya berbeda di Bandung. Pilihan transportasi di Bandung sangat beragam dan memiliki rute yang luas karena merupakan kota besar yang berteknologi canggih dan bersifat kontemporer.

Selama di Bandung, banyak backpacker yang memilih pulang pergi menggunakan angkutan umum. Travelling backpacker biasanya naik bus dari Kota Bandung ke Lembang atau Ciwidey.

Berhemat saat membeli oleh-oleh 

 

Kali ini, Anda akan dipaksa untuk menghemat uang untuk mendapatkan manfaat dari saran backpacking ke Bandung ini. Namun, tak ada salahnya membawa hadiah untuk teman dan anggota keluarga yang tinggal di negara sendiri.

Tips belanja oleh-oleh yang bisa menghemat uang antara lain mengunjungi toko-toko di Cibaduyut dan Cihampelas, pasar spontan yang umumnya buka di Gasibu, Jalan Riau, atau Pasar Baru – ITC Kebon Kelapa dan Gang Tamin, dan pasar dadakan di Cibaduyut dan Cihampelas. Harga barang-barang yang ditawarkan di sana masuk akal, meskipun harganya jauh lebih murah daripada yang ditemukan di kompleks perbelanjaan.

Membawa pakaian hangat dan obat-obatan

ketika Anda pergi ke Lembang atau Ciwidey, udara akan terasa jauh lebih dingin daripada saat Anda berada di Bandung. Oleh karena itu, Leisure menyarankan Anda untuk membawa pakaian hangat, terutama bagi Anda yang tidak tahan dingin.

Bawalah obat-obatan Anda sendiri untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada Anda. Ingatlah untuk mengonsumsi vitamin secara teratur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap bekerja dengan baik saat liburan backpacking.

Bandung adalah tujuan wisata yang menarik dengan banyak hal yang ditawarkan. Apalagi biaya hidup di kota kembang ini tidak terlalu mahal. Semoga tips backpacking ke Bandung dari Keluyuran ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman dan liburan di Bandung tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Baca juga : Wisata Kuliner di Punclut Bandung